Metode Perawatan Kulit Jerawat



Jerawat bisa menjadi kondisi yang menyakitkan dan memalukan bagi seseorang yang menderita. Seringkali, seseorang yang memiliki jerawat tidak bisa mengendalikan kejadiannya. Tapi, dengan mengikuti beberapa praktik perawatan kulit berjerawat, jerawat bisa dikontrol dan bahkan bisa dieliminasi.

Jerawat adalah penyakit kulit inflamasi yang mempengaruhi jutaan individu. Jenis jerawat yang paling universal dikenal sebagai "common acne". Jerawat disebabkan ketika terlalu banyak minyak disekresikan dari kelenjar dan minyak tersebut bercampur dengan sel kulit mati, menghalangi folikel rambut. Lebih banyak sekresi minyak meningkat di bawah folikel yang sudah tersumbat (atau pori-pori), dan bakteri kulit mulai tumbuh dengan cepat. Hal ini menyebabkan kulit merah dan teriritasi yang paling sering muncul seperti benjolan di permukaan kulit. Setiap permukaan kulit tubuh rentan terhadap jerawat, tapi yang paling sering (dan berat) muncul di wajah, dada, punggung, dan daerah lengan atas.

Jerawat biasanya mulai terjadi selama pubertas karena respon tidak teratur oleh tubuh terhadap kadar testosteron biasa, hormon pria. Seringkali, jerawat mulai mereda atau hilang sama sekali pada pertengahan 20-an. Namun, beberapa individu menderita dengan itu sepanjang masa dewasa. Dan beberapa orang dewasa bahkan tidak melihat awitan jerawat sampai memasuki masa dewasa. Ini dikenal sebagai acne onset dewasa.

Jerawat dapat menyebabkan jaringan parut pada kulit, dan juga memiliki efek parut pada harga diri seseorang, dan bahkan menyebabkan depresi. Karena masyarakat bisa sangat tak kenal ampun terhadap penampilan, ada berbagai perawatan medis yang diresepkan, serta rejimen perawatan kulit berjerawat yang bisa dimanfaatkan untuk meminimalkan gejala jerawat.

Hal yang berbeda menyebabkan jerawat bagi penderita yang berbeda. Beberapa penyebab jerawat yang diketahui meliputi keturunan, aktivitas hormonal (pubertas, menstruasi, kehamilan), stres, obat tertentu, dan iritasi kulit. Semua hal ini berpotensi menimbulkan jerawat, sekaligus memperparahnya. Ada beberapa mitos tentang jerawat. Misalnya kita semua pernah mendengar seorang ibu menyuruh anaknya untuk tidak terlalu banyak makan makanan berminyak seperti kentang goreng, atau terlalu banyak makan permen, karena akan memberinya jerawat. Itu hanya kisah istri tua. Diet tidak menyebabkan jerawat, dan tidak memengaruhinya. Juga, kebersihan yang buruk tidak ada kaitannya dengan terjadinya jerawat. Jerawat tidak disebabkan oleh kotoran, dan memiliki kebiasaan kebersihan yang buruk tidak akan memperparah kondisi.

Ada banyak perawatan untuk jerawat yang tersedia, baik melalui resep, maupun over the counter. Ada antibiotik dalam bentuk pil, serta krim topikal yang dirancang untuk mengobati kondisinya. Pengelupasan kulit bisa digunakan sebagai pengobatan untuk menghilangkan dan mencegah terbentuknya sel kulit mati. Dan terapi cahaya sedang digunakan lebih dan lebih untuk mengobati jerawat. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menentukan pengobatan terbaik dan mempelajari rejimen terbaik perawatan kulit berjerawat untuk dilakukan.
Berurusan dengan terjadinya jerawat membutuhkan mengetahui cara merawat kulit dengan benar. Perawatan kulit jerawat dapat membantu menjaga agar masalah tidak bertambah parah, dan bahkan meringankannya. Penting untuk mencuci kulit dengan lembut setidaknya dua kali sehari dengan pembersih kulit yang lembut. Jangan menggosok dengan kasar pad atau menggunakan sabun kasar.

Hal ini akan membuat masalah jerawat semakin parah. Dan selalu bilas dulu kulit setelah dibersihkan.
Sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit berjerawat, penting diingat untuk tidak menyentuh area kulit yang sakit. Jangan mencoba memeras jerawat. Infeksi bisa terjadi, menambah masalah, dan jaringan parut bisa terjadi. Selain itu, hindari sinar matahari bila memungkinkan. Pakai pakaian pelindung untuk menghindari penyamakan atau pembakaran. Kulit akan menua lebih cepat, dan efek memudar jerawat bersifat sementara dan akan terlihat lagi saat terbakar atau cokelat memudar.

Saat menggunakan kosmetik, jaga untuk menggunakan produk bebas minyak, dan produk yang non-comedogenic (tidak akan menyumbat pori-pori). Dan untuk pria yang mencukur wajah mereka, penting untuk mencukur dengan sangat hati-hati. Bercukur dengan tangan ringan untuk menghindari pemotongan atau penyumbatan noda. Jika langkah-langkah dalam perawatan kulit berjerawat ini, rasa sakit dan rasa malu masalah bisa diatasi, dan seiring berjalannya waktu, dieliminasi seluruhnya.
Previous
Next Post »